Monday, January 11, 2010

Harga naik dimana-mana

Posted: 23 Oktober 2007

Assalaamu 'alaikum,

Salah satu Food Stall Nasi Padang di dekat kantor baru buka kemarin. Penjualnya ikut-ikutan libur panjang kayak di Indonesia. Kadang pagi saya suka makan mie atau soto di situ. Gak nyangka pas kemarin bayar S$ 2 seperti biasanya, ternyata kurang. Harganya dah berubah Mas, sekarang jadi S$ 2.50 per porsi, katanya. Nyoba juga beli cemilan yang biasa S$ 1.00 dapat 3 biji. Lagi-lagi, ternyata harganya udah berubah jadi S$ 1.40 tuk 3 biji. Wahh naik semua yah? Gak tau cuma di stall ini saja ataupun di stall sejenis di tempat lain. S$ 0.50 memang cincai, tapi kalo dilihat dari persentasi lumayan gede juga, yakni 25%.

Gimana dengan barang-barang di sini serta makanan dan masakan pada umumnya? Adakah kenaikan yang lumayan akhir-akhir ini? Saya sendiri biasanya kalo belanja di supermarket biasanya gak pernah ngecek harga. Ambil, kumpulin dan bayar aja, males ngecek satu-satu. Maklum kalaupun naik sen-sen an saja, yang meskipun dirupiahkan sebenarnya lumayan gede. Kalo di Jakarta, harga naik berasa banget. Karena satuan uangnya udah ribuan. Udah gitu kalo naikin harga gak kira-kira. Pernah waktu itu beli kulkas di Carrefour. Kata penjaganya beli sekarang aja Mas, jangan deket-deket lebaran. Akhirnya saya beli deh. Bener juga, pas deket-deket lebaran, harganya udah naik 10-15%. Gile aje.

Saya jadi curiga jangan-jangan kalau pada ngadain SALE Lebaran, apa pada naikin harga duluan gitu yah? Maksudnya naikin dulu 40%, terus bilang kasih diskon 30%. Kan sebenarnya mereka tetap untung 10%. Ada yang pernah ngecek gak? Biasanya kalo mengacu kepada hukum ekonomi biasa, permintaan naik, maka harga pun naik. Tapi pas lebaran malah banyak sale. Profit berkurang itu gak papa, yang penting omzetnya gede, ataukah emang sebenarnya pada naikin harga duluan yah?

Satu lagi, kalo di Singapore, ada yang namanya GST, yang besarnya 7%. Untung barang-barang kecil dan murah, biasanya harga inclusive GST. Di Jepang, shohizei alias pajak konsumsi itu besarnya 5%. Semuanya jelas aturannya dan tertera. Tapi di Jakarta, saya gak pernah tau berapa pajak barang. Cuma yang bikin sebel harga barang beda-beda di beragam tempat. Syukurlah Carrefour ada kompetitornya, hingga harganya bisa dibandingkan. Walau sebenarnya harga di supermarket itu jauh lebih mahal daripada harga di pasar tradisional, namun orang banyak yang pilih supermarket, karena kondisinya yang bersih, plus bisa one stop shopping, sekaligus gengsi juga. Berapa yah pajaknya? Yang saya tau, pajak konsumsi adalah 10%, sebab itu ditambahkan langsung kalo pas kita beli makanan di resto atau food stall.

Anyway, gak di sini dan gak di sana, harga pada naik. Minyak juga naik, lalu beras naik, dan semua naik. Cuma gaji aja yang naiknya lambat dan belum tentu sebanding dengan laju inflasi. Padahal kalo kenaikan gaji di bawah laju inflasi, itu berarti kita yang tekor. Singapore walaupun barang harganya naik, entah kenapa gak terasa gede, mungkin karena satuannya sen atau few dollars, serta masih bisa di absorb.

Tapi kalo di Jakarta, banyak juga pedagang yang kejem naikin harga gak pakai otak, bahkan sampai beras pun dinaikkan secara konyol harganya. Sesuatu yang musykil terjadi di jiran, karena Pemerintah sini dan Malaysia mengontrol secara ketat harga sembako. Kalo dah gini, rakyatnya pusing, kok gaji jadi gak cukup buat ini itu. Walau pusing, banyak yang malas nyari ke pasar tradisional. Enakan ke supermarket deh katanya. Abis kadang di pasar tradisional, kalo kite gak tau harga, juga dibodongin melulu. Nah lho.

Harga naik melulu, emang bikin pusing. Gak di sana, gak di sini sama aja. Ada yang ngerasain kenaikan harga juga? Then, ada yang tau berapa sebenarnya pajak barang dan makanan yang dikonsumsi di Jakarta?

Wassalaam,

Papa Fariz
Web Blog: http://papafariz.blogspot.com
FS Account: boedoetsg@hotmail.com

No comments: