Saturday, June 9, 2007

Mengapa mobil kadang mogok di atas rel KA?

Posted: 9 November 2006

Assalaamu 'alaikum,

Orang kampung tetangge bilang, "Ati-ati yee, kalo maen di rel kereta api. Banyak setannye.
Kalo jalan di atas rel, suka ada setan yang nutup telinge kite.
Makanye banyak orang yangketabrak kereta kalo nekat jalan menyusuri rel.
Liat aje di koran, banyak juge kan,mobil pade ketubruk pas lewat lintasan pintu kereta?
Ati-ati yee, di situ gudangnya setan".

Ahhh, yang bener aja, kata saya dalam hati.
Penyebab mobil tertabrak di pintu kereta, memang bermacam-macam, kalau menurut saya pribadi.
Antara lain, karena sifat ceroboh kita juga.
Ketika sirene tanda kereta mau lewat sudah bunyi neng nong neng nong, kemudianpintu perlintasan sudah mulai menutup, gak sedikit para pengguna kendaraan masih nekat menerobos masuk, dengan pemikiran malas menunggu kereta terlalu lama.
Terkadang,pemerintah setempat salah juga, kenapa sih miskin banget sehingga bikin pintu perlintasansaja gak sanggup? TANYA KENAPA.

Kalau Mas ITS di bawah, punya teori lain yang agak ngilmiah.
Barangkali ini bisa jadi salah satu referensi tuk menjawab teka-teki matinya mesin mobil di atas rel KA, dan sulit dihidupkankembali.
Namun tetap saja, akan percuma, andaikan pintu perlintasan tetap tidak dibangun, andaikan gaji penjaga pintu cuma cukup buat makan sehari 2x, dan andaikan mental kitayang seneng nerobos gak segera dibenahi.
Atau memang jangan-jangan semua itu gara-gara jin-jin penunggu rel KA yang seneng berkeliaran di sekitar "wilayah kekuasaan mereka"?
Mohon klarifikasinya juga tuk content dari artikel di bawah ini.

Wassalaam,

Papa Fariz

Mengapa jika mesin kendaraan bermotor tiba-tiba mati di lintasan rel kereta apisulit dihidupkan lagi ?

Ternyata itu disebabkan adanya pengaruh gesekan antara roda kereta dengan relnya. "Jadi, bukan semata-mata karena sopirnya gugup sehingga tidak bisa menghidupkan mesin kendaraannya," kata Dr Ir. Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Surabaya (ITS).Selama ini sering terjadi kendaraan bermotor tiba-tiba mati mesinnya saat melintas di atas rel kereta api. Itu terjadi terutama ketika ada kereta yang mau lewat. Pengendaranya kesulitan menghidupkan kembali mesin kendaraannya itu. Akibatnya, kendaraan bermotor itu ditabrak kereta dalam hitungan sekian puluh detik berikutnya.Kasus terbaru adalah seperti yang dialami Rektor dan Pembantu Rektor III Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Keduanya tewas karena mobil yang sedang melintas rel dihantam kereta api. Djoko lalu mengingatkan, jika mesin mobil tiba-tiba mati di atas rel, maka hendaknya penumpangnya segera keluar dan mendorongnya . Jika tidak, akan sangat membahayakan jika kereta segera lewat. Dan jangan berusaha menghidupkan mesin! Yang anda lakukan adalah, keluar! Dan mendorongnya! Kalopun anda gak sempat mendorong, setidaknya anda sudah berada diluar kendaraan dan bisa sewaktu-waktu lari menghindar.Mengapa mesin bermotor susah dihidupkan? Kata Djoko, terjadi impedansi yang ditimbulkan oleh pergesekan roda kereta api dan relnya. Dan, impedansi itu yang cukup untuk mengakibatkan mesin mobil yang mati sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama berpengaruh pada mobil atau kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan bakar solar juga ada yang terpengaruh. "Pada kendaraan yang berbahan bakar bensin, starternya digerakkan oleh dinamo," paparnya. Dari dinamo ini dihasilkan medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Djoko mengatakan, hal tersebut tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebut tidak mati. Namun bila mesin tersebut mati maka akan sulit untuk dihidupkan lagi. Medan impedansi tersebut tidak diperlukan jarak yang dekat untuk itu. Hal tersebut sudah mulai dapat berpengaruh ketika kereta api masih berjarak 1,5 km lokasi lintasan di mana kendaraan bermotor itu melintas rel.Jadi langkah terbaik yang harus dilakukan : dorong kendaraan ( kalau mobil, segera keluar dari kendaraan) anda dari rel kereta baru setelah itu coba hidupkan kembali mesin mobil anda.

No comments: