Monday, January 11, 2010

Inggris gak lolos ke Euro 2008, Apa Kata Dunia?

Posted: 18 Oktober 2007

Hmm,

http://www.uefa.com/competitions/euro/standings/index.html

Inggris ditaklukkan Rusia 1-2 di atas lapangan sitentis Moskwa. Ini sekaligus membalas kekalahan Rusia dari Inggris 0-3 sebulan sebelumnya di kandang Inggris. Nilai Inggris cuma 23 dari 11 pertandingan, dan tinggal menyisakan 1 pertandingan kandang saja melawan Kroasia. Sedangkan Kroasia, yang punya 2 pertandingan sisa, yakni melawan Makedonia dan Inggris, sudah memiliki nilai 26, dan cukup meraih hasil seri saja dari 2 pertandingan itu untuk lolos ke babak berikutnya. Rusia baru punya nilai 21 dari 10 pertandingan dan menyisakan 2 pertandingan lainnya, yakni melawan Israel dan Andorra. Kalau gak ada keajaiban, Rusia di atas kertas bakal menang atas kedua lawan tersebut, dan nilainya menjadi 27, sedangkan Inggris hanya bakal mampu meraih nilai maksimum 26.

Di atas kertas, Kroasia lah yang bakal lolos ke final Euro Cup 2008 di Swiss-Austria tahun depan. Inggris begitu glamour dengan EPL-nya. Raupan dari hak sira TV saja sudah sekitar 6 trilyun rupiah, dan itu nyaris melebihi gaungan hak siar TV dari 6 negara sepakbola utama di Eropa (Italia, Spanyol dll). Daya pikat EPL begitu luar biasa, sampai-sampai Menpora menegur dan "memaksa" Astro TV untuk melepas sebagian hak tayang EPL ke TV swasta kita dengan alasan EPL adalah hiburan rakyat banyak. Namun, kini justru Inggris, tempat bernaung EPL malah hampir pasti gak bakal lolos ke Euro 2008. Wahh, ini imbasnya bisa-bisa implementasi ide Sepp Blatter, ketua FIFA untuk membatasi jumlah pemain asing di liga domestik, dan itu berarti daya tarik EPL akan turun karena klub-klub EPL biasanya mengandalkan lebih dari 6 pemain asing dalam starting 11-nya.

Inggris gak lolos kualifikasi Euro 2008? Mungkin begitulah kenyataanya, meski banyak pihak yang mencoba menghibur diri dengan mengatakan bola itu bundar. Walau sebenarnya istilah bola itu bundar lebih tepat ditujukan kepada peluang tim underdog dan bukan tim besar sekelas Inggris. Ironis sekali andaikan negeri liga termahal dan termarak di dunia malah melempem dan ambruk prestasinya di tingkat negara. Ini pasti gara-gara manajernya yang gak becus, dan black sheep memang selalu ditimpakan ke jabatan ini. Apa kata Dunia nanti kalau Inggris benar-benar gak lolos?

Wah abis long break langsung ngomongin bola. Maunya ngomongin politik kita yang makin sontoloyo aje dengan safari-safari-an ke sana-sini dll. Tapi ngeliat berita begituan apalagi masih dalam suasana liburan Idul Fitri, malah bikin sebel. Eee, sekalinya liat berita bola, ternyata Inggris hancur pula. Apa mau dikata? Anyway, bola cuma sekedar hiburan dan refreshing, jadi gak perlu di pikirkan dalam-dalam. Cuma, kita semua bakal geleng-geleng kepala, Apa Kata Dunia nanti andaikan Three Lions tidak berlaga di Austria-Swiss tahun depan.

Wassalaam,

Papa Fariz
Web Blog: http://papafariz.blogspot.com
FS Account: boedoetsg@hotmail.com

No comments: